27 April 2010

BAB: IMAN ITU SEUTAMA-UTAMA AMAL

Abdullah bin Mas’ud r.a. berkata: Aku tanya kepada Nabi saw.:

Apakah amal yang lebih disukai Allah? Jawab Nabi saw.:


Shalat tepat pada waktunya.

Kemudian apakah? Jawab Nabi saw.:

Patuh taat kepada kedua orangtua.

Kemudian apakah? Jawab Nabi saw.:

Jihad fi sabilillah (berjuang untuk menegakkan agama Allah).

Ibn Mas’ud berkata: Demikian Rasulullah saw. menerangkan kepadaku, dan andaikan aku minta tambah tentu ditambah.

(Bukhari, Muslim).





Abu Dzar r.a. berkata: Aku tanya kepada Nabi saw.: Apakah amal yang utama? Jawabnya:


Iman pada Allah dan jihad fi sabilillah.

Lalu aku tanya: Memerdekakan budak mana yang lebih utama? Jawab Nabi saw.:

Yang lebih mahal harganya dan yang sangat disayang oleh pemiliknya.

Abu Dzar bertanya: Jika aku tidak dapat berbuat itu? Sabda Nabi saw.:

Membantu orang yang berbuat, atau membuatkan orang yang tunanetra (tidak dapat berbuat).

Bertanya: Jika tidak dapat? Jawab Nabi saw.:

Menjauhkan orang-orang dari kejahatan, maka itu sebagai shadaqah untuk dirimu.

(Bukhari, Muslim).

Tiada ulasan:

Catat Ulasan